Manfaat Berwudhu sebelum Tidur

Perkara yang kedengaran begitu enteng dan kecil. pasalnya Rasul senantiasa berwudhu sebelum tidur. selain bernilai ibadah, juga bermanfaat besar dalam bidang kesehatan.
peneliti dari Universitas Alexsandria ,dr musthafa syahatah ,yang sekaligus menjabat sebagai  Dekan Fakultas THT,menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu.
 Dengan ber-istisnaq(menghirup air dalam hidung) misalnya kita dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung.Dengan mencuci kedua tangan ,kita dapat menjaga kebersihan tangan .Kitajuga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila kita rajin berwudhu.Selain itu,kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita.artinya dengan sering berwudhu kita dapat  menjaga kesehatan tubuh kita.
Dan bagaimana dengan berwudhu sebelum tidur??
Nah,para pakar kesehatan di dunia senantiasa menganjurkan agar kita mencuci kaki, mulut dan muka sebelum tidur. Bahkan ,sejumlah pakar kecantikan memproduki alat kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka.
 Tak hanya itu,sejumlah pakar kesehatan gigi juga menyarankan agar tidak lupa menggosok gigi sebelum tidur . Ini dilakukan untuk mencegah rusaknya gigi dan gusi di kemudian hari. Bahkan para dokter selalu menyarankan agar anak-anak sebelum tidur untuk mencuci kaki sebelum naik ke tempat tidur. Di samping itu tentunya anjuran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab ketika seseorang dalam keadaan suci. Jika  seseorang  berada dalam keadaan suci,berarti ia dekat dengan Allah. Karena Allah akan dekat  dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci.

Bahkan Rasulullah bersabda “sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat dengan wajah putih berkilau-kilau karena bekas air wudhu. Barangsiapa diantara kamu yang sanggup untuk memanjangkan kilauan cahayanya,hendaklah dia lakukan(berwudhu yang sempurna ).

Dari Ibnu Umar r.a., dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga Malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci ”. (Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dalam Shahihnya)

Juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sucikanlah tubuh – tubuh ini, semoga Allah mensucikan kalian, karena tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci, kecuali seorang malaikat ikut bermalam dalam pakaiannya, dia tidak membalikkan badannya sesaat diwaktu malam kecuali malaikat itu berdoa, ‘ Ya Allah ampunilah hambaMu yang tidur dalam keadaan suci ’.” (Rowahu At- Thobroni di dalam Mu’jam al- Ausath dengan sanad jayyid)
Maksud suci di sini adalah mempunyai wudhu. Jadi ketika kita pergi tidur dalam keadaan masih mempunyai wudhu, berarti kita mendapat doa dari malaikat dan berarti mendapat ampunan dari Allah. Inilah tidur yang berpahala.

Hal ini juga ditulis dalam kitab tanqih al-Qand al-Hatsis karangan syekh muhamad bin umar an-nawawi al-mantany. Dari umar bin harits bahwa Nabi bersabda :”barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah SAW.

dan berarti orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Allah
Dengan begitu dapat disimpulkan  bahwa berwudhu sebelum tidur  merupakan anjuran Nabi yang harus dikerjakan bila seseorang ingin memperoleh kemuliaan disisi Allah Azza wa Jalla.


(sumber : http://www.tikafika.co.cc/2010/02/manfaat-menjaga-wudhu-saat-tidur.html
http://jembatan-pengetahuan.blogspot.com/2011/02/manfaat-berwudhu-sebelum-tidur.html)

0 komentar:

Posting Komentar

Now Playing : Cleopatra Stratan - Ghita