Tips Belajar yang Menyenangkan


Kemalasan belajar telah menjadi penyakit yang menjamur di Indonesia. Mulai dari siswa SD sampai dengan para Mahasiswa. Semua ini dibuktikan dengan semakin maraknya fenomena menyontek dikalangan pelajar/mahasiswa dan tempat-tempat penyedia game online yang masih dipenuhi anak-anak usia sekolah. Kemalasan belajar ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah timbulnya rasa cepat bosan saat belajar. Berikut beberapa tips belajar agar tidak mudah bosan dan menghindari rasa malas, semoga bermanfaat :
Pertama, basahi sebagian atau seluruh tubuh dengan air. Bisa dengan mandi atau berwudhu. Karena selain membersihkan tubuh dari kotoran, cara ini juga menimbulkan efek segar dan menghilangkan kantuk. Sangat dianjurkan untuk selalu berwudhu sebelum belajar. Karena dalam keadaan suci, ilmu-ilmu yang kita pelajari insya Allah lebih mudah dipahami.
Kedua, mulailah belajar dengan membaca basmallah dan berdoa terlebih dahulu. Memohon perlindungan Allah dari godaan syaitan dan agar diberi kemudahan dalam memahami pelajaran.

Ketiga, hirup udara melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut. Cara ini dapat membuat suasana hati lebih rileks dan  tenang.
Keempat, ubahlah posisi duduk setiap kali bosan mulai menyerang. Misalnya, dari posisi duduk bersila menjadi posisi duduk seperti  tashadud awal. Namun, jangan sekali-kali mencoba posisi duduk berubah menjadi posisi berbaring. Karena merubah posisi seperti itu kemungkinan besar akan menimbulkan rasa kantuk dan kemudian tertidur.
Kelima, buatlah suasana belajar senyaman mungkin. Untuk yang suka dengan musik, bisa mendengarkan lagu-lagu instrument dengan volume pelan. Atau membuat secangkir susu coklat dan sepiring pisang goreng untuk  menemani belajar.
Keenam, ingat selalu cita-cita dan impian. Tulislah impian-impianmu secara nyata pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar. Dengan begitu tidak akan ada kata malas belajar lagi. Karena sudah jelas bahwa impian akan selalu menjadi impian dan tak akan menjadi nyata untuk orang-orang yang malas.
Ketujuh, jangan lupa ucapkan Hamdalah dan berdoa setiap kali selesai belajar. Agar apa yang baru saja dipelajari dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain dan mendapat ridho dari Allah Swt. Aaamin
Selain cara belajar di atas, perlu juga untuk mendisiplinkan diri dengan membuat jadwal belajar pribadi. Dengan membagi waktu belajar di rumah misalnya dibagi menjadi tiga waktu. Seimbangkan porsi belajar di sekolah dan di rumah. Misalnya di sekolah belajar fisika 3 jam dalam seminggu, maka di rumah pun juga harus 3 jam dalam seminggu (dini hari pukul 03.30-05.00 untuk pelajaran eksak, siang hari pukul 14.00-16.00 untuk mengulang pelajaran, dan malam hari pukul 20.00-22.00 untuk menghafal). Semoga bermanfaat dan dapat menumbuhkan semangat belajar putra-putri bangsa.aamiin :)
*setelah artikel ini dipresentasikan disuatu lomba artikel, Alhamdulillah mendapat juara harapan 3. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Now Playing : Cleopatra Stratan - Ghita